Lestari, Ida Ayu Putu Oka (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 LEBIH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031270-COVER.pdf Download (876kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031270-ABSTRAK.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031270-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (397kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031270-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031270-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031270-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031270-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031270-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031270-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi bahan ajar yang dimiliki guru pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila, (2) mengetahui kelayakan E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila menurut review para ahli serta subjek uji coba dan (3) mengetahui efektivitas E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila. Tipe penelitian pengembangan (RnD) ini menggunakan model Dick & Carey. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila disajikan secara elektronik berbentuk link flipbook yang bisa diakses melalui komputer/laptop dan handphone. (2) E-Modul dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat layak (98,33%), ahli bahasa memperoleh kualifikasi sangat layak (91,67%), ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat layak (95,00%), ahli desain instruksional memperoleh kualifikasi sangat layak (100%), uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat layak (97,05%) dan uji coba kelompok kecil memperoleh kualifikasi sangat layak (98,33%). (3) Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial teknik uji-t memperoleh hasil thitung = 4,715 untuk df = 22 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 1,171. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, nilai post-test siswa lebih dari KKTP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila efektif diterapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di SD Negeri 2 Lebih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: e-modul, pendidikan pancasila, dick & carey, profil pelajar pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Oka Lestari |
Date Deposited: | 14 Feb 2024 13:16 |
Last Modified: | 14 Feb 2024 13:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18609 |
Actions (login required)
View Item |