PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 LEBIH

Lestari, Ida Ayu Putu Oka (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 LEBIH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031270-COVER.pdf

Download (876kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031270-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031270-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031270-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031270-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031270-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031270-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031270-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031270-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi bahan ajar yang dimiliki guru pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila, (2) mengetahui kelayakan E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila menurut review para ahli serta subjek uji coba dan (3) mengetahui efektivitas E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila. Tipe penelitian pengembangan (RnD) ini menggunakan model Dick & Carey. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila disajikan secara elektronik berbentuk link flipbook yang bisa diakses melalui komputer/laptop dan handphone. (2) E-Modul dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat layak (98,33%), ahli bahasa memperoleh kualifikasi sangat layak (91,67%), ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat layak (95,00%), ahli desain instruksional memperoleh kualifikasi sangat layak (100%), uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat layak (97,05%) dan uji coba kelompok kecil memperoleh kualifikasi sangat layak (98,33%). (3) Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial teknik uji-t memperoleh hasil thitung = 4,715 untuk df = 22 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 1,171. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, nilai post-test siswa lebih dari KKTP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila efektif diterapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di SD Negeri 2 Lebih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: e-modul, pendidikan pancasila, dick & carey, profil pelajar pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Putu Oka Lestari
Date Deposited: 14 Feb 2024 13:16
Last Modified: 14 Feb 2024 13:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18609

Actions (login required)

View Item View Item