Sandat, Desak Putu Monika (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPS BERMUATAN CERITA RAKYAT BALI BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS 1 DI SD NEGERI 2 LEBIH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031072-COVER.pdf Download (872kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031072-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031072-BAB 1 PENDHAULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031072-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-modul IPS bermuatan cerita rakyat Bali berbasis profil pelajar Pancasila untuk siswa kelas I di SDN 2 Lebih. Penelitian menggunakan model Dick and Carey meliputi 10 proedur, penelitian ini menerapkan metode post-test only dengan teknik pengumpulan data berupa angket serta instrumen tes multiple choice. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, menghasilkan: (1) langkah-langkah pembuatan E-modul IPS yang menggabungkan cerita rakyat Bali dengan nilai-nilai Pancasila, mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas I; (2) E-modul tersebut memperoleh klasifikasi Sangat Baik dan Baik, dengan validitas media dengan persentase 80% yang berada pada kualifikasi (Baik) , validitas muatan IPS dengan persentase 95% (Sangat Baik), validitas desain 97,22% (Sangat Baik), validitas bahasa 90% (Sangat Baik), uji coba individual sebesar 91,67% (Sangat Baik), dan uji coba Small Group sebesar 91,67% (Sangat Baik) sehingga disimpulkan sebagai metode pembelajaran yang layak diterapkan; (3) perhitungan efektivitas menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) sehingga terdapat perbedaan signifikan terhadap pemahaman siswa antara kelas yang menggunakan E-modul bermuatan cerita rakyat Bali dengan profil pelajar Pancasila dan kelas yang menggunakan E-modul biasa. Dengan demikian, penelitian ini mendukung kelayakan dan efektivitas implementasi E-modul tersebut dalam pembelajaran siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-modul, IPS, cerita rakyat Bali, profil pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Desak Putu Monika Sandat |
Date Deposited: | 14 Feb 2024 13:22 |
Last Modified: | 14 Feb 2024 13:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18610 |
Actions (login required)
View Item |