PENGEMBANGAN SISTEM E-INFORMASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENUNJANG MANAJEMEN SEKOLAH INKLUSI DI KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG

Antari, Agung Dewi Megah (2024) PENGEMBANGAN SISTEM E-INFORMASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENUNJANG MANAJEMEN SEKOLAH INKLUSI DI KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229031008-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229031008-ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229031008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229031008-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan sistem e-informasi siswa berkebutuhan khusus dalam menunjang manajemen sekolah inklusi di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Penyediaan data siswa berkebutuhan khusus masih bersifat manual. Untuk memudahkan dalam mengakses data yang diperlukan terkait siswa berkebutuhan khusus, perlu dikembangkan sebuah sistem informasi agar data dapat disajikan secara digital dan fungsinya dapat lebih cepat diterapkan. Mengingat kendala tersebut, sangat diperlukan sistem e-informasi agar segala bentuk informasi terkait dengan siswa berkebutuhan khusus dapat diakses oleh pemangku kepentingan dengan lebih cepat dan tentunya membantu dalam pelayanan siswa berkebutuhan khusus yang ada. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 (empat) teknik dalam pengumpulan data yaitu (1) observasi (2) wawancara (3) angket atau kuesioner, dan (4) Tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancang bangun pengembangan E-Sistus dinyatakan sesuai dengan model pengembangan ADDIE; Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli isi dilihat dari validitas hasil pengembangan Sistem E-Informasi Siswa Berkebutuhan Khusus (E-Sistus) yang dilakukan dengan metode kuesioner menurut review ahli isi dengan hasil persentase sebesar 90% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli desain instruksional dilihat dari validasi hasil pengembangan Sistem E-Informasi Siswa Berkebutuhan Khusus (E-Sistus) dilakukan dengan metode kuesioner diperoleh persentase sebesar 91,6% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 97,5% berada pada kategori sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarakan uji coba perorangan diperoleh hasil persentase sebesar 94,16% berada pada kualifikasi sangat baik. Tingkat kelayakan produk berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase sebesar 93,33% berada pada kualifikasi sangat baik. Sistem E-Informasi Siswa Berkebutuhan Khusus (E-Sistus) telah terbukti efektif secara signifikan dalam menunjang manajemen sekolah inklusi di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sistem E-Informasi, Siswa Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Agung Dewi Megah Antari
Date Deposited: 15 Feb 2024 00:34
Last Modified: 15 Feb 2024 00:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item