PENGEMBANGAN E-MODUL IPS BERMUATAN CERITA RAKYAT BALI BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS II DI SDN 9 PADANGSAMBIAN

Swati, Ni Made Nadia Rara (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPS BERMUATAN CERITA RAKYAT BALI BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS II DI SDN 9 PADANGSAMBIAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031140-COVER.pdf

Download (968kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031140-ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031140-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031140-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031140-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031140-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031140-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031140-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031140-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pada riset ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil dari rancang bangun e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar pancasila pada siswa kelas II di SDN 9 Padangsambian, (2) Untuk mengetahui kelayakan e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar pancasila ditinjau dari hasil pembahasan pada uji ahli isipengujian pakar bahasa, design, media serta percobaan individu maupun kelomok kecil kelas II pada SDN 9 Padangsambian (3) guna mencari tahu keefektivan e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar pancasila pada siswa kelas II di SDN 9 Padangsambian. Model pengembangan yang dipakai dalam riset ini menggunakan model sepuluh tahap pengembangan Dick and Carey. Metode dalam melakukan pengumpulan data digunakan dengan melalui metode tes dan non tes. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah (1) Rancang bangun e-modul menggunakan 10 tahap pengembangan Dick and Carey yang di susun secara sistematis dan sesuai dengan urutan dalam pengembangan, (2) e-modul yang telah dikembangkan serta dikatakan memiliki kelayakan mengacu akan hasil nilai pengujian pakar isi melalui pelajaranmemperoleh prsesentaseskor sebesar 95% melalui pengkualifikasian begitu baik, pada pengujian pakar bahasa memperoleh presentasi skor sebesar 95% melalui pengkualifikasian sangat baik, pada pengujian pakar design instruksional memperoleh persentase belajar 97,22% melalui pengkualifikasian sangat baik, pada pengujian pakar media belajar diperoleh persentase skor senilai 95% melalui kualifikasinya yang sangat baik, pada pengujian percobaan perorangan memperoleh skor senilai 90,83% melalui pengkualifikasian sangat baik serta pada pengujian percobaan kelompok kecill memperoleh skor presentase sebesar 92,22% dengan kualifikasi (Sangat Baik), (3) hasil dari perhitungan pada uji t diperoleh bahwa nilai pada thitung = 7.303 kemudian nilai pada ttabel dengan menggunakan taraf signifikansi 5% dengan dk = (n1 + n2) – 2 = (33 – 33) – 2 = 64 diperoleh nilai pada ttabel sebesar 1,99773 sehingga thitung > ttabel. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian pengembangan bahwa pengembangan e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar pancasila efektif dalam diterapkan pada siswa kelas II di SDN 9 Padangsambian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-modul, IPS, Bermuatan Cerita Rakyat Bali, Profil pelajar Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Nadia Rara Swati
Date Deposited: 15 Feb 2024 00:51
Last Modified: 15 Feb 2024 00:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18631

Actions (login required)

View Item View Item