PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Trisnawati, Cok Istri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI RANTAI MAKANAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031010-COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text (ABSTRAK)
201103101-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031010-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran sangat penting dalam proses pembelajaran yaitu dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Peserta didik diharapkan selalu antusias dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran, namun yang terjadi permasalahannya peserta didik mengalami kurang minat ketika mengikuti pembelajaran mata pelajaran IPAS, ketika guru menerangkan peserta didik cenderung jenuh dan berimain dengan teman sebanyanya. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan rancang bangun video pembelajaran berbasis pemecahan masalah kelas V sekolah dasar, untuk mendeksripsikan validitas isi video pembelajaran berbasis pemecahan masalah kelas V sekolah dasar, untuk mendeskripsikan respon guru terhadap kepraktisan video pembelajaran berbasis pemecahan masalah kelas V sekolah dasar, dan untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kepraktisan video pembelajaran berbasis pemecahan masalah kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan 4D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuatitatif. Metode pengumpulan data dan instrument yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) menghasilkan produk berupa video pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi rantai makanan, (2) memperoleh validitas yang sangat tinggi dengan skor sebesar 0,93 dari uji ahli isi dan 0,96 dari uji ahli media, (3) Respon guru terhadap kepraktisan memperoleh skor sebesar 98,33% dengan kualifikasi sangat praktis dan, (4) respon peserta didik terhadap kepraktisan memperoleh skor sebesar 96,20% dari uji perorangan dan skor sebasar 96,96% dari uji kelompok kecil dengan kualifikasi sangat praktis. Dapat disimpulkan video pembelajaran berbasis pemecahan masalah valid dan praktis untuk digunakan sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajara, pemecahan masalah, rantai makanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Cok Istri Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 09:24
Last Modified: 15 Feb 2024 09:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18651

Actions (login required)

View Item View Item