PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PODCAST PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Pebriyanti, Putu Karisma (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PODCAST PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031134-COVER.pdf

Download (477kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031134-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031134-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031134-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031134-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031134-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031134-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031134-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031134-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan media audio visual berbasis podcast. Penelitian ini memiliki tiga tujuan 1) menghasilkan prototype media audio visual berbasis podcast, (2) menganalisis validitas isi media audio visual berbasis podcast, (3) menganalisis respon siswa terhadap media audio visual berbasis podcast. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek media audio visual berbasis podcast, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, dan respon pengguna. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: media ajar berbasis podcast yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,88333 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, materi pada isi media ajar berbasis podcast yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,90 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, dan tingkat pencapaian respon siswa terhadap media audio visual berbasis podcast adalah sebesar 98,62% dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan1, Media2, Media Pembelajaran berbasis Podcast3.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Karisma Pebriyanti
Date Deposited: 16 Feb 2024 00:29
Last Modified: 16 Feb 2024 00:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18685

Actions (login required)

View Item View Item