Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Amlapura

Arianta, I Gusti Ngurah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Amlapura. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2029071007-COVER)
2029071007-Cover.pdf

Download (686kB)
[img] Text (2029071007-ABSTRAK)
2029071007-Abstrak.pdf

Download (249kB)
[img] Text (2029071007-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029071007-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (389kB)
[img] Text (2029071007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029071007-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (2029071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029071007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text (2029071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029071007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (2029071007-BAB 5 PENUTUP)
2029071007-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (2029071007-DAFTAR PUSTAKA)
2029071007-Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text (2029071007-LAMPIRAN)
2029071007-Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan yang simultan motivasi dan hasil belajar Informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, 2) perbedaan yang signifikan motivasi belajar informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar Informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 3 Amlapura yang berjumlah 230 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu siswa kelas VII terdiri dari 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E terdiri dari 32 orang sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar pada nilai sig. 0,000. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terhadap motivasi pada nilai sig. 0,000. (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar pada sig. 0,000. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar Informatika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PJBL, Motivasi, Hasil Belajar Informatika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: I Gusti Ngurah Arianta
Date Deposited: 22 Feb 2024 13:14
Last Modified: 22 Feb 2024 13:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18701

Actions (login required)

View Item View Item