Arianta, I Gusti Ngurah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Amlapura. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2029071007-COVER)
2029071007-Cover.pdf Download (686kB) |
|
Text (2029071007-ABSTRAK)
2029071007-Abstrak.pdf Download (249kB) |
|
Text (2029071007-BAB 1 PENDAHULUAN)
2029071007-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (389kB) |
|
Text (2029071007-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029071007-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (2029071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029071007-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (2029071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029071007-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (2029071007-BAB 5 PENUTUP)
2029071007-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (2029071007-DAFTAR PUSTAKA)
2029071007-Daftar Pustaka.pdf Download (369kB) |
|
Text (2029071007-LAMPIRAN)
2029071007-Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan yang simultan motivasi dan hasil belajar Informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, 2) perbedaan yang signifikan motivasi belajar informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction, 3) perbedaan yang signifikan hasil belajar Informatika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran project based learning dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran direct instruction. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 3 Amlapura yang berjumlah 230 siswa. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu siswa kelas VII terdiri dari 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E terdiri dari 32 orang sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar pada nilai sig. 0,000. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terhadap motivasi pada nilai sig. 0,000. (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar pada sig. 0,000. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar Informatika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PJBL, Motivasi, Hasil Belajar Informatika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ngurah Arianta |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 13:14 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 13:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18701 |
Actions (login required)
View Item |