Utari, Putu Henrika (2024) Pengembangan E-Modul IPA SMP Terintegrasi Sosial Budaya Masyarakat Bali untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2123071011-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123071011-ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (342kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071011-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123071011-LAMPIRAN.pdf Download (996kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul IPA SMP terintegrasi sosial budaya masyarakat Bali untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memodifikasi model pengembangan Borg and Gall dan Thiagarajan disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan. Rancangan penelitian untuk uji keefektivan menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket kepraktisan, dan tes literasi sains. Tahapan pengembangan e-modul terdiri atas 1) pengumpulan informasi, 2) desain produk, 3) pengembangan produk, 4) uji coba terbatas, 5) pengujian produk secara teoretis, 6) pengujian produk secara empiris, dan 7) finalisasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) e-modul valid dari segi validitas materi dengan kualifikasi sangat baik, validitas bahasa dengan kualifikasi sangat valid, validitas media dengan kualifikasi sangat valid, dan kesesuaian aspek budaya Bali dengan kualifikasi sangat valid, 2) e-modul sangat praktis untuk digunakan di lapangan, 3) e-modul efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, sosial budaya masyarakat Bali, literasi sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Putu Henrika Utari |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 03:11 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18809 |
Actions (login required)
View Item |