Pengembangan E-Modul IPA SMP Terintegrasi Sosial Budaya Masyarakat Bali untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa

Utari, Putu Henrika (2024) Pengembangan E-Modul IPA SMP Terintegrasi Sosial Budaya Masyarakat Bali untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2123071011-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123071011-ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2123071011-LAMPIRAN.pdf

Download (996kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul IPA SMP terintegrasi sosial budaya masyarakat Bali untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan memodifikasi model pengembangan Borg and Gall dan Thiagarajan disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan. Rancangan penelitian untuk uji keefektivan menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket kepraktisan, dan tes literasi sains. Tahapan pengembangan e-modul terdiri atas 1) pengumpulan informasi, 2) desain produk, 3) pengembangan produk, 4) uji coba terbatas, 5) pengujian produk secara teoretis, 6) pengujian produk secara empiris, dan 7) finalisasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) e-modul valid dari segi validitas materi dengan kualifikasi sangat baik, validitas bahasa dengan kualifikasi sangat valid, validitas media dengan kualifikasi sangat valid, dan kesesuaian aspek budaya Bali dengan kualifikasi sangat valid, 2) e-modul sangat praktis untuk digunakan di lapangan, 3) e-modul efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, sosial budaya masyarakat Bali, literasi sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Putu Henrika Utari
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:11
Last Modified: 19 Feb 2024 03:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18809

Actions (login required)

View Item View Item