Wikdianti, Luh (2024) THE APPLICATION OF THE SHAPE POEM TECHNIQUE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING ON 7TH GRADE STUDENTS' WRITING SKILLS AT SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021044-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021044-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (586kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021044-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan teknik puisi bentuk melalui metode pembelajaran berbasis proyek pada keterampilan menulis siswa kelas tujuh dan menganalisi persepri guru terkait penerapan Teknik puisi bentuk melalui metode berbasis proyek pada keterampilan menulis siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode campuran, dengan menggunakan desain pra-eksperimental dalam bentuk one group pre-test and post-test design dan desain kualitatif. Analisis statistik terhadap nilai siswa digunakan untuk membandingkan kemampuan menulis mereka, sedangkan untuk menganalisis persepsi guru, peneliti menggunakan kuesioner dan wawancara untuk mendukung temuan peneliti. Sampel penelitian adalah 18 siswa kelas tujuh di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan skor t hitung sebesar 7.424 dan df 17 pada tingkat 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa skor t hitung lebih tinggi dari t tabel 0.05 pada signifikansi r tabel (7.424>2.110). Hasil yang diperoleh juga menunjukkan bahwa guru memberikan tanggapan positif terkait penerapan teknik puisi bentuk melalui metode pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan menulis siswa. Penerapan teknik puisi bentuk melalui pembelajaran berbasis proyek membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih otentik dan bermakna, serta meningkatkan keterampilan menulis siswa dengan objek yang relevan. Teknik ini meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris karena meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi. Oleh karena itu, penerapan teknik puisi bentuk melalui metode pembelajaran berbasis proyek sangat direkomendasikan karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek, teknik puisi bentuk, keterampilan menulis, pelajar muda |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Wikdianti |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 00:17 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 00:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18915 |
Actions (login required)
View Item |