Bagiada, Made (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP SIKAP NASIONALISME DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN SUKASADA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041052-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041052-ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041052-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap sikap nasionalisme dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di gugus V Kecamatan Sukasada sebanyak 231 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas V di SDN 1 Sambangan sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan SDN 5 Panji sebagai kelompok kontrol sebanyak 24 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Data penelitian berupa hasil belajar IPS diperoleh melalui tes obyektif dan sikap nasionalisme diperoleh melalui kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model project based learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik; (2) terdapat perbedaan sikap nasionalisme antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model project based learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik; (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS dan sikap nasionalisme secara simultan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model project based learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS dan sikap nasionalisme pada siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model project based learning, hasil belajar, sikap nasionalisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Made Bagiada |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 04:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 04:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18979 |
Actions (login required)
View Item |