PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV

Putra, I GEDE DIYANA (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2029041007-COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029041007-ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2029041007-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2029041007-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2029041007-BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041007-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2029041007-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029041007-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum merdeka telah dirancang untuk diimplementasikan secara menyeluruh pada tahun 2024. Penerapannya dilakukan secara bertahap sesuai pembagian fase. Perubahan ini turut mempengaruhi beberapa instrumen dalam pembelajaran di kelas. Dalam menghadapi perubahan ini, sekolah membutuhkan suplemen pengembangan perangkat pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Peneliti mengembangkan produk perangkat pembelajaran Matematika kelas IV SD dalam implementasi kurikulum merdeka. Produk ini telah diuji di gugus VII Kecamatan Sukasada. Dari 168 jumlah siswa di gugus tersebut, dipilih secara acak dan hasilnya 30 siswa di SDN 3 Selat terpilih sebagai kelompok eksperimen dan 26 siswa di SDN 4 Selat sebagai kelompok kontrol. Produk ini dikembangkan dengan model pengembangan plomp yang terdiri dari 5 fase yaitu 1) penelitian awal, 2) penyusunan desain produk, 3) Realisasi Produk, 4) Tes, Evaluasi dan Revisi serta 5) Implementasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi, kuisioner, pretest posttest dan lembar wawancara. Produk final memuat alur tujuan pembelajaran, modul pembelajaran dan Instrumen penilaian didalamnya . Produk final telah diuji oleh pakar dengan nilai Content Validty Ratio 0.96 (esensial). Melalui instrumen lembar observasi, angket oleh siswa dan guru, produk ini dinyatakan praktis dengan kategori sangat positif. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan yaitu SPSS 17.0 for windows dengan tes normalitas, homogenitas, uji t-test, dan n-gain score. Rerata hasil uji N-Gain kelompok eksperimen adalah 0.55 dalam kategori sedang, pada uji t-test terdapat peningkatan angka rerata pretest ke posttest yaitu 3.73 menjadi 13.61 yang berarti terdapat perubahan. Simpulan dari penelitian ini adalah dapat dikembangkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar (kognitif) siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Ajar, Kurikulum Merdeka, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gede Diyana Putra
Date Deposited: 08 Mar 2024 04:20
Last Modified: 08 Mar 2024 04:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19069

Actions (login required)

View Item View Item