PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE KELAS XI PERHOTELAN DI SMK NEGERI 2 KUBU

Aryana, I Kadek Tubuh (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE KELAS XI PERHOTELAN DI SMK NEGERI 2 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115011063-COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115011063-ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115011063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115011063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115011063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115011063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115011063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115011063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115011063-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran front office di Kelas XI Perhotelan pada SMK Negeri 2 Kubu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang tahapan langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI PH 1 SMK Negeri 2 Kubu yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantatif deksriptif dengan melakukan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI Perhotelan pada SMK Negeri 2 Kubu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pretest yakni hanya sebesar 26,7%, kemudian mengalami peningkatan sebesar 16,6% sehingga pada siklus I hasil persentase ketuntasan siswa menjadi 43,3%. Selanjutnya, pada siklus II hasil persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 43,4% sehingga pada siklus ini hasil meningkat menjadi 86,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Jigsaw, Fornt Office, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: I Kadek Tubuh Aryana
Date Deposited: 21 Feb 2024 00:27
Last Modified: 21 Feb 2024 00:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19090

Actions (login required)

View Item View Item