Ekayanti, Ni Putu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041039-COVER.pdf Download (711kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041039-ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041039-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya minat dan hasil belajar siswa diakibatkan kurangnya inovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa yang sudah melalui uji kesetaraan dengan analisis Anava A. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen yaitu SD 1 Tibubeneng berjumlah 28, Sedangkan untuk kelas kontrol SD 2 Tibubeneng berjumlah 28. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis dengan menggunakan Manova dan Anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model Quiz Team berbasis etnosains terhadap minat dan hasil belajar pada nilai sig 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains terhadap minat pada nilai sig 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains terhadap hasil belajar pada sig 0,000 > 0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quiz Team berbasis etnosains berpengaruh positif terhadap peningkatan minat dan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quis Team, minat, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Ekayanti |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:43 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19156 |
Actions (login required)
View Item |