Pengembangan Model Bralancing (Brain Balance Learning) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Buleleng

Dewi, Ni Putu Candra Prastya (2024) Pengembangan Model Bralancing (Brain Balance Learning) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Buleleng. Doctoral thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2139031010-COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139031010-ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2139031010-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2139031010-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2139031010-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031010-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2139031010-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139031010-LAMPIRAN.pdf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Model Bralancing (Brain Balance Learning) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan pada siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Buleleng menggunakan metode pengembangan dengan Model Plomp. Uji efektivitas dilakukan dengan pendekatan eksperimen semu menggunakan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 orang ahli, 6 orang guru untuk uji kepraktisan, 90 siswa kelas V untuk uji instrumen dan 179 siswa kelas IV untuk uji efektivitas. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (Multivarite analysis of Varian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model terdiri dari 8 fase yaitu (a) brain exercise, (b) critical thinking exploration, (c) concept acquisition, (d) creativity development and collaboration, (e) communication growth, (f) memory recall, (g) brain balance quiz, (h) celebration. Kedelapan fase tersebut menunjukkan adanya sistem sosial dan prinsip reaksi. Sedangkan sistem pendukungnya yaitu dibuat buku Model Bralancing, buku pendaping guru, dan buku pendamping siswa. Dampak instruksionalnya yaitu keterampilan berpikir kritis dan kreativitas, sedangkan dampak pengiringnya yaitu kemampuan komunikasi, dan kemampuan kerjasama; 2) Model Bralancing dinyatakan valid untuk diterapkan di sekolah dasar; 3) Model Bralancing dinyatakan sangat praktis diterapkan di sekolah dasar; 4) Implementasi Model Bralancing efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas secara sendiri-sendiri maupun secara simultan terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV sekolah dasar Kabupaten Buleleng.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Model Bralancing (Brain Balance Learning), keterampilan berpikir kritis, kreativitas, pendidikan pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Ni Putu Candra Prastya Dewi
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:32
Last Modified: 22 Feb 2024 03:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item View Item