Yanthi, Ni Ketut Desya Sapta (2024) KONTRIBUSI POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI GUGUS V KECAMATAN MENGWI TAHUN PELAJARAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041022-COVER.pdf Download (454kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041022-ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041022-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya efikasi diri serta ketidakmampuan siswa dalam menghadapi kesulitan mempengaruhi hasil belajar siswa. Dalam penanganannya diperlukan pola asuh orang tua sebagai faktor eksternal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajsar IPA, dan pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 164 siswa kelas VI. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu kuesioner (angket) dan tes hasil belajar yang kemudian dinalisis menggunakan analisis ANAVA dua jalur (Two Way Anova). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pola asuh orang tua otoriter sebesar 8,07% terhadap hasil belajar siswa, pola asuh orang tua demokratis sebesar 10,15% terhadap hasil belajar siswa, dan pola asuh permisif terhadap sebanyak 9,13% terhadap hasil belajar IPA. Pengaruh pola asuh otoriter terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri tinggi sebesar mendapat nilai rerata sebesar 75,37%, pola asuh demokratis terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri tinggi sebesar 93,39%, dan pola asuh permisif terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri tinggi sebesar 82,21%. Sedangkan pengaruh pola asuh otoriter terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri rendah mendapat rerata nilai sebesar 60,92%, pengaruh pola asuh demokratis terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri rendah sebesar 75,71%, dan pengaruh pola asuh otoriter terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari efikasi diri rendah sebesar 64,62%. Maka, pengaruh pola asuh orang tua berkontribusi terhadap hasil belajar siswa, ditinjau dari efikasi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola asuh orang tua1, efikasi diri2, hasil belajar IPA3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Ketut Desya Sapta Yanthi |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 12:23 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 12:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19213 |
Actions (login required)
View Item |