Pengembangan Panduan Konseling Rasional Emotif Behavioral Teknik Dispute Cognitive untuk Meningkatkan Konsep Diri dan Resiliensi Terhadap Kemandirian Pada Siswa

Rusdayanti, I Gst. Agung Diah (2024) Pengembangan Panduan Konseling Rasional Emotif Behavioral Teknik Dispute Cognitive untuk Meningkatkan Konsep Diri dan Resiliensi Terhadap Kemandirian Pada Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229111007-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229111007-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229111007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229111007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229111007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229111007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229111007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229111007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229111007-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siswa yang mengalami kondisi broken home dan bergejala melakukan perilaku melukai diri perlu mendapatkan perhatian dari pihak sekolah demi menunjang konsep diri dan resiliensi terhadap kemandirian dalam menghadapi permasalahan siswa. Upaya guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa mengembangkan konsep diri positif dan resiliensi terhadap kemandirian masih mengalami kendala karena terbatasnya sarana berupa modul panduan yang dapat membantu dalam menyelenggarakan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan menghasilkan rancang bangun buku panduan, mengetahui validitas isi buku panduan, mengetahui kepraktisan implementasi buku panduan, dan mengetahui efektivitas implementasi buku panduan konseling rasional emotif behavioral teknik dispute cognitive untuk meningkatkan konsep diri dan resiliensi terhadap kemandirian pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun buku panduan konseling ini terdiri dari lima bagian Bab, (2) validitas isi buku panduan dinyatakan valid dengan Content Validity Index sebesar 0,8825 sehingga memiliki kelayakan untuk dikembangkan dan diimplementasikan oleh guru bimbingan konseling kepada siswa, (3) kepraktisan buku panduan ini dinyatakan sangat praktis digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dengan hasil rata-rata 96,25 %, (4) implementasi panduan konseling rasional emotif behavioral teknik dispute cognitive secara simultan cukup efektif untuk meningkatkan konsep diri dan resiliensi terhadap kemandirian siswa dengan nilai signifikansi 0,020 yang kurang dari 0,05 dan nilai effect size sebesar 0,485.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling Rasional Emotif Behavioral, Teknik Dispute Cognitive, Konsep Diri, Resiliensi Terhadap Kemandirian.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: I Gst. Agung Diah Rusdayanti
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:29
Last Modified: 22 Feb 2024 02:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19228

Actions (login required)

View Item View Item