PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLA BASKET DITINJAU DARI KOORDINASI MATA TANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Tirtawati, Ni Wayan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLA BASKET DITINJAU DARI KOORDINASI MATA TANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229121001-COVER.pdf

Download (722kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229121001-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229121001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229121001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229121001-BAB 3 METODELOOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229121001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229121001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229121001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229121001-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan hasil belajar keterampilan bola basket antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS dan PBL, 2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar, 3) perbedaan hasil belajar antara peserta didik dengan koordinasi mata tangan tinggi yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS dan PBL, 4) perbedaan hasil belajar antara peserta didik dengan koordinasi mata tangan rendah yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS dan PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan treatment by level 2x2. Jumlah sampel penelitian 80 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling dengan pengundian gugus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini 1) koordinasi mata tangan dan 2) hasil belajar keterampilan bola basket. Data dianalisis dengan statistik inferensial menggunakan uji ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan bola basket antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS dan PBL (sig.0,017<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar (sig.0,000<0,05), (3) pada peserta didik dengan koordinasi mata tangan tinggi, hasil belajar keterampilan bola basket lebih baik pada kelompok PBL dibandingkan kelompok TPS (sig.0,000<0,05) serta (4) pada peserta didik dengan koordinasi mata tangan rendah, hasil belajar keterampilan bola basket lebih baik pada kelompok TPS dibandingkan kelompok PBL (sig.0,028<0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model PBL, TPS, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Ni Wayan Tirtawati
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:00
Last Modified: 22 Feb 2024 00:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19246

Actions (login required)

View Item View Item