Tirtawati, Ni Wayan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLA BASKET DITINJAU DARI KOORDINASI MATA TANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229121001-COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229121001-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229121001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229121001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229121001-BAB 3 METODELOOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229121001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229121001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229121001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229121001-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan hasil belajar keterampilan bola basket antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS dan PBL, 2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar, 3) perbedaan hasil belajar antara peserta didik dengan koordinasi mata tangan tinggi yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS dan PBL, 4) perbedaan hasil belajar antara peserta didik dengan koordinasi mata tangan rendah yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS dan PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan treatment by level 2x2. Jumlah sampel penelitian 80 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling dengan pengundian gugus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini 1) koordinasi mata tangan dan 2) hasil belajar keterampilan bola basket. Data dianalisis dengan statistik inferensial menggunakan uji ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan bola basket antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif TPS dan PBL (sig.0,017<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar (sig.0,000<0,05), (3) pada peserta didik dengan koordinasi mata tangan tinggi, hasil belajar keterampilan bola basket lebih baik pada kelompok PBL dibandingkan kelompok TPS (sig.0,000<0,05) serta (4) pada peserta didik dengan koordinasi mata tangan rendah, hasil belajar keterampilan bola basket lebih baik pada kelompok TPS dibandingkan kelompok PBL (sig.0,028<0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model PBL, TPS, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Tirtawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 00:00 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 00:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19246 |
Actions (login required)
View Item |