Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Model Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal Bali Untuk Siswa SMP

Megajayanthi, Gusti Ayu Putu Era (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Model Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal Bali Untuk Siswa SMP. Undergraduate thesis, Unversitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071009-COVER.pdf

Download (356kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071009-ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1913071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071009-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) validitas, (2) kepraktisan, (3) keterbacaan LKPD IPA model problem based learning bermuatan kearifan lokal Bali untuk siswa SMP.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall dan dibatasi pada tahap ketujuh yaitu tahap revisi produk operasional (Operational Product Revision) karena keterbatasan waktu dan fokus penelitian pada sampai uji keterbacaan.Subjek penelitian ini meliputi subjek uji validitas yang terdiri atas 2 orang ahli Pendidikan IPA, uji kepraktisan terdiri atas 2 orang guru IPA, dan subjek uji keterbacaan terdiri atas 15 orang siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi dan wawancara, dan instrumen angket. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji validitas LKPD IPA mendapatkan skor 1,00 dengan kualifikasi sangat valid. Hasil uji kepraktisan mendapatkan skor rata-rata 3,5 dengan kualifikasi sangat praktis, dan uji keterbacaan mendapatkan skor rata-rata 3,0 dengan kualifikasi terbaca. Karakteristik LKPD IPA ini yaitu setiap kegiatan memuat sintaks model problem based learning pada fenomena dan pertanyaan yang terdapat pada LKPD memuat kearifan lokal Bali berupa upacara keagamaan di Bali. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keterbacaan, LKPD IPA dinyatakan valid, praktis, dan terbaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD IPA, Problem Based Learning, Kearifan Lokal Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Putu Era Megajayanthi
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:47
Last Modified: 22 Feb 2024 04:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19253

Actions (login required)

View Item View Item