Pengembangan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Literasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Dewi, Ni Luh Putu Jayanti (2024) Pengembangan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Literasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041062-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041062-ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (661kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (965kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041062-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun dan menghasilkan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang layak, praktis dan efektif untuk literasi siswa kelas 1 sekolah dasar. Subjek dari penelitian ini adalah E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk literasi siswa kelas 1 sekolah dasar yang telah melewati uji kelayakan oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media pembelajaran. Uji kepraktisan oleh 1 orang guru kelas satu, 2 orang guru kelas dua, serta uji efektivitas oleh 28 siswa kelas satu di SD No. 2 Dalung. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar kuesioner kelayakan, lembar kuesioner kepraktisan dan tes membaca serta menulis. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu: (1) Rancang bangun dari E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari cover, pengantar, relevansi proyek, tujuan, alur, target, dimensi, perkembangan sub elemen per fase. Aktivitas 1- 2 untuk berlatih melenturkan pergelangan tangan siswa saat menulis dengan menarik garis, serta belajar menyebutkan dan menulis huruf alfabet. Aktivitas 3-4 untuk siswa belajar membaca dan menyusun huruf menjadi suku kata. Aktivitas 5-6 untuk siswa belajar menyusun huruf menjadi kata dan membacakannya didepan kelas. Aktivitas 7-8 untuk siswa belajar membaca dan menulis kata dari contoh sampah organik dan anorganik. Aktivitas 9 yakni pengolahan sampah anorganik, aktivitas 10 yakni pengolahan sampah organik, aktivitas 11 yakni penghijauan. Aktivitas 12-13 untuk siswa belajar membaca dan membuat kalimat ajakan hemat energi. Aktivitas 14 untuk siswa belajar membuat rangkaian kalimat untuk poster hemat energi. Aktivitas 15 yakni persiapan gelar karya, aktivitas 16 yakni gelar karya, biodata penulis dan penutup. (2) Kelayakan E-Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yakni sebesar 85,2% dengan kualifikasi layak untuk ahli materi dan sebesar 88,4% dengan kualifikasi layak untuk ahli media pembelajaran. (3) Kepraktisan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila oleh guru diperoleh rata-rata persentase yakni sebesar 88,2% dengan kualifikasi praktis. (4) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi membaca siswa, sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Literasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. (5) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi menulis siswa, sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Literasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Literasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Putu Jayanti Dewi
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:14
Last Modified: 22 Feb 2024 01:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19271

Actions (login required)

View Item View Item