PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD GUGUS I SELAT TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SUTEJA, I KETUT T. RATA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD GUGUS I SELAT TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229041011_COVER.pdf

Download (524kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041011_ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041011_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041011_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229041011_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041011_BAB IV HASIL DAN PEMABAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2229041011_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041011_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041011_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK T. Rata Suteja, I Ketut (2023), Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Gugus I Selat Tahun Pelajaran 2023/2024. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha . Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Prof. Drs. Sariyasa, MSc.,Ph.D. Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif, Tipe Inside Outside Circle, motivasi, hasil belajar Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle terhadap motivasi dan hasil belajar IPS. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VI SD Gugus I Selat sebanyak 172 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitian ini untuk kelas eksperimen yaitu SD 1 Duda Timur terdiri dari 34 siswa, SD 1 Duda terdiri dari 18 siswa, SD 6 Duda Timur terdiri dari 18. Untuk kelas kontrol SD 2 Duda Timur terdiri dari 19 siswa, SD 3 Duda Timur terdiri dari 29 siswa, dan SD 7 Duda Timur terdiri dari 13 siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only control group design. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner untuk motivasi belajar dan tes pilihan ganda untuk hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh motivasi belajar siswa yang signifikan antara yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran yang biasa diajarkan disekolah (konvensional) dengan nilai sig. 0,000<0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dari pada pembelajaran yang biasa diajarkan disekolah (konvensional) dengan nilai sig. 0,000<0,05; (3) terdapat pengaruh secara simultan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yang dibejarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dengan nilai sig. 0,000<0,05. Dengan demikian menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Gugus 1 Selat. Melihat hasil tersebut guru disarankan untuk selalu berinovasi dalam penerapan model pembelajaran yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle sehingga pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan. Selanjutnya untuk peneliti lain disarankan untuk meneliti lebih jauh tentang aspek yang belum diteliti dalam pengimplementasian model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Tipe Inside Outside Circle, motivasi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Ketut T. Rata Suteja
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:21
Last Modified: 22 Feb 2024 06:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19290

Actions (login required)

View Item View Item