PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TRADISI NGELAWANG BARONG UNTUK MENANAMKAN DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL KELAS IV TAHUN AJARAN 2023/2024 DI SD NO. 9 JIMBARAN, BADUNG

Sari, Dewa Ayu Gita Noviana (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS TRADISI NGELAWANG BARONG UNTUK MENANAMKAN DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL KELAS IV TAHUN AJARAN 2023/2024 DI SD NO. 9 JIMBARAN, BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031257-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031257-ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031257-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (513kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031257-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031257-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031257-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031257-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031257-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031257-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis tradisi ngelawang barong dimensi berkebinekaan global (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis tradisi ngelawang barong dimensi berkebinekaan global, dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis tradisi ngelawang barong dimensi berkebinekaan global terhadap nilai karakter siswa. Tipe penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan non-tes (rubrik penilaian). Uji produk terdiri atas 1 orang ahli rancang bangun, 1 orang ahli isi materi, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang subjek uji coba perorangan, dan 9 orang subjek uji kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan statistika inferensial. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (a) Uji rancang bangun berkualifikasi layak (80,00%); (b) Uji isi materi berkualifikasi sangat layak (96%); (c) Uji desain instruksional berkualifikasi layak (97%); (d) Uji media pembelajaran berkualifikasi layak (97%); (e) Uji perorangan berkualifikasi sangat layak (96,3%); (f) Uji kelompok kecil berkualifikasi sangat layak (96,4%). Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial teknik uji-t memperoleh hasil thitung = 24,149 untuk dk = 24 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 1,71. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Implikasi dari penelitian ini secara empiris terbukti dengan penggunaan media ini dapat meningkatkan antusiasme siswa dan meningkatkan nilai karakter dimensi berkebinekaan global sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih optimal, nilai karakter siswa meningkat, dan media buku cerita bergambar dapat dikembangkan untuk muatan materi lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Tradisi Ngelawang Barong, Berkebinekaan Global
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Gita Noviana Sari
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:32
Last Modified: 22 Feb 2024 04:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19302

Actions (login required)

View Item View Item