Wahyuni, Gusti Ayu Kade Erna (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2023/2024 DI SD NO 9 JIMBARAN, BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031311-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031311-ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031311-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (426kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031311-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031311-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031311-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031311-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031311-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (517kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031311-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran flipbook berbasis Value Clarification Technique (VCT) pada muatan Pendidikan Pancasila, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis Value Clarification Technique (VCT) pada muatan Pendidikan Pancasila, dan (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook berbasis Value Clarification Technique (VCT) pada muatan Pendidikan Pancasila. Tipe penelitian pengembangan (R&D) ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan tes. Pelaksanaan uji produk terdiri atas 1 orang ahli rancang bangun, 1 orang ahli isi materi, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang subjek uji coba perorangan, dan 9 orang subjek uji kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif, dan statistika inferensial. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (a) penilaian ahli rancang bangun berkualifikasi layak (80,00%); (b) penilaian ahli isi materi berkualifikasi sangat layak (100%); (c) penilaian ahli desain instruksional berkualifikasi layak (98,99%); (d) penilaian ahli media pembelajaran berkualifikasi baik (98,99%); (e) penilaian uji perorangan berkualifikasi sangat layak (94,20%); (f) penilaian uji kelompok kecil berkualifikasi sangat layak (95,99%). Hasil uji efektivitas yang dianalisis menggunakan statistik inferensial teknik uji-t memperoleh hasil thitung = 25,23 untuk db = 27 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 1,67. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Implikasi dari penelitian ini yakni, secara empiris terbukti dengan penggunaan media pembelajaran flipbook berbasis Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan minat belajar siswa, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan media, dan untuk perkembangan ilmu dapat dikembangkan media yang sejenis pada muatan pembelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Flipbook, Value Clarification Technique, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Kade Erna Wahyuni |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 04:34 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 04:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19305 |
Actions (login required)
View Item |