PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KELAS III SEKOLAH DASAR

Budiasa, Ida Bagus Made (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KELAS III SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229041031-COVER)
2229041031-Cover.pdf

Download (663kB)
[img] Text (2229041031-ABSTRAK)
2229041031-Abstrak.pdf

Download (563kB)
[img] Text (2229041031-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041031-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (391kB)
[img] Text (2229041031-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041031-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (2229041031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041031-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2229041031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041031-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2229041031-BAB 5 PENUTUP)
2229041031-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (2229041031-DAFTAR PUSTAKA)
2229041031-Daftar Pustaka.pdf

Download (456kB)
[img] Text (2229041031-LAMPIRAN)
2229041031-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada kebutuhan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas media buku cerita bergambar berkearifan lokal Bali untuk meningkatkan minat baca kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dan penelitian (R&D) dengan rancangan model ADDIE yang menggunakan lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini menghasilkan media berupa buku cerita bergambar yang berjudul “I Lutung dan I Kekua” sebagai cerita lokal yang terkait dengan materi “Membaca Dongeng”. Buku cerita bergambar yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh tim ahli dan praktisi atas kelayakan isi, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan. Kelayakan buku cerita bergambar diukur oleh dua orang pakar media dan dua orang pakar materi. Kepraktisan buku cerita dinilai oleh 3 orang guru dan 5 orang peserta didik. Uji keefektifan dilakukan melalui angket minat baca yang diberikan kepada 23 peserta didik kelas III sekolah dasar. Data yang dikumpulkan berupa validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar validasi dan angket (kuesioner). Lembar validasi digunakan untuk mengumpulkan data validitas buku. Angket respon guru dan angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui kepraktisan buku. Angket minat baca digunakan untuk mengukur efektivitas buku. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata keseluruhan hasil uji validasi buku cerita bergambar oleh para ahli mencapai skor 4,73 dan termasuk dalam kriteria sangat valid; 2) rata-rata keseluruhan uji kepraktisan mencapai skor 4,81 dan termasuk kriteria sangat praktis; 3) uji keefektifan buku cerita mencapai 0,72 dan berada pada tingkat pencapaian (g) ≥ 0,70 sehingga dapat dinyatakan efektif. Kesimpulannya bahwa buku cerita bergambar “I Lutung dan I Kekua” dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran serta layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Media, Buku Cerita Bergambar, Validitas, Kepraktisan, Dan Keefektifan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ida Bagus Made Budiasa
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:35
Last Modified: 22 Feb 2024 08:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19367

Actions (login required)

View Item View Item