PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN KUBU

Setiawan, I Nyoman Sita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN KUBU. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041044-COVER.pdf

Download (684kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041044-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041044-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) menganalisis perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan, yaitu posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian diuji kesetaraannya dengan menggunakan Anava satu jalur. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan koesioner dan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada nilai sig. 0,000<0,05, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada nilai sig. 0,000<0,05, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada nilai sig. 0,000<0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensiona pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kubu, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensiona pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kubu, dan (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensiona pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kubu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Nyoman Sita Setiawan
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:31
Last Modified: 23 Feb 2024 06:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19412

Actions (login required)

View Item View Item