PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Cahyani, Ni Luh Putu Sukma (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031038-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031038-ABSTRAK.pdf

Download (621kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (679kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031038-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun e-modul interaktif berbasis model pembelajaran SAVI, mengetahui validitas e-modul interaktif berbasis model pembelajaran SAVI, dan mengetahui kepraktisan e-modul interaktif berbasis model pembelajaran SAVI. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli desain, 1 orang guru, 3 peserta didik untuk uji coba perorangan, dan 9 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data yaitu teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian pengembangan ini yaitu: (1) Rancang bangun e-modul interaktif berbasis model pembelajaran SAVI menggunakan model pengembangan ADDIE dan menghasilkan produk sebagai bahan ajar. (2) Hasil uji validitas produk e-modul interaktif menunjukkan bahwa validitas materi memperoleh persentase sebesar 96,9% (sangat baik), validitas media memperoleh persentase sebesar 96,5% (sangat baik), validitas desain memperoleh persentase sebesar 97,9% (sangat baik). (3) Hasil uji kepraktisan produk e-modul interaktif menunjukkan bahwa hasil uji coba guru memperoleh persentase sebesar 98,86% (sangat baik), hasil uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 97,51% (sangat baik), hasil uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 98,75% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia pada peserta didik kelas V di sekolah dasar dinyatakan valid dan praktis digunakan pada pembelajaran karena telah memenuhi aspek-aspek validitas materi, media, dan desain serta aspek-aspek kepraktisan guru dan peserta didik. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah melanjutkan pada tahap uji efektivitas produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, E-Modul Interaktif, Model Pembelajaran SAVI, Sistem Pernapasan Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Sukma Cahyani
Date Deposited: 24 Feb 2024 03:35
Last Modified: 24 Feb 2024 03:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19444

Actions (login required)

View Item View Item