Rianti, Ni Luh (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 1 SIBANGGEDE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031286-COVER.pdf Download (653kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031286-ABSTRAK.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031286-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031286-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031286-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031286-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031286-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031286-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031286-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-Modul Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila , (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila berbasis Profil Pelajar Pancasila, (3) mengetahui mengetahui efektivitas E-Modul Pendidikan Pancasila berbasis Profil Pelajar Pancasila. Satu ahli mata pelajaran, satu ahli desain instruksional, satu ahli media pembelajaran, tiga siswa untuk uji coba individual, dan sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil adalah subjek penelitian. Dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Data dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda dan kuesioner. Metode analisis data juga kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media E-Modul Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas II SD Negeri 1 Sibanggede telah sesuai dengan tahapan pengembangan Dick and Carey, (2) kelayakan media E-Modul Pendidikan Pancasila menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran Pendidikan Pancasila sebesar 98,33% (Sangat Baik), uji ahli bahasa sebesar 96,66% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 96,66% (Sangat Baik), uji ahli desain instruksional sebesar 97,22% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 98,33% (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 98,61% (Sangat Baik). (3) efektivitas media E-Modul Pendidikan Pancasila berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 yang dengan keputusan ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media E-Modul Pendidikan Pancasila ini efektif digunakan pada siswa kelas II SD Negeri 1 Sibanggede.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci; E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Rianti |
Date Deposited: | 24 Feb 2024 03:45 |
Last Modified: | 24 Feb 2024 03:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19448 |
Actions (login required)
View Item |