PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PODCAST TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN KELAS IV DI SD NEGERI 1 ANTURAN

Jaya, I Kadek Dwi Mahendra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PODCAST TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN KELAS IV DI SD NEGERI 1 ANTURAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031309-COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031309-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031309-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031309-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031309-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031309-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031309-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031309-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031309-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kurangnya optimalnya penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran yang mempengaruhi penuruan hasil belajar khususnya pada muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi latar belakang dalam penelitian ini. tujuan penelitian ini adalah menguji validitas media pembelajaran podcast, menguji kepraktisan media pembelajaran podcast, menghasilkan media pembelajaran podcast sebagai media yang efektif dalam pembelajaran materi pendidikan pancasila dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi nilai kehidupan kelas IV SD. penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman peserta didik pada materi Pancasila sebagai Nilai Kehidupan di kelas IV SD, validitas, kepraktisan, dan efektivitas produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil dari proses pengembangan podcast sebagai media pembelajaran meningkatkan pemahaman materi Pancasila pada siswa kelas IV SD. Indeks validitas media dan materi media pembelajaran audio visual berbasis podcast masing-masing adalah 0,9 dan 0,88125 dengan predikat/kualifikasi sangat baik. Tingkat pencapaian respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual berbasis podcast adalah sebesar 98,73% dengan predikat/kualifikasi sangat baik. Media pembelajaran audio visual berbasis podcast untuk meningkatkan pemahaman materi pancasila siswa kelas IV SD yang dilihat dari nilai signifikasi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka 0,000, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Media audio visual berbasis podcast, Meningkatkan Pemahaman siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I KADEK DWI MAHENDRA JAYA
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:17
Last Modified: 04 Mar 2024 01:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19479

Actions (login required)

View Item View Item