Jaya, I Kadek Dwi Mahendra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PODCAST TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN KELAS IV DI SD NEGERI 1 ANTURAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031309-COVER.pdf Download (735kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031309-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031309-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031309-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031309-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031309-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031309-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031309-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031309-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Kurangnya optimalnya penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran yang mempengaruhi penuruan hasil belajar khususnya pada muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi latar belakang dalam penelitian ini. tujuan penelitian ini adalah menguji validitas media pembelajaran podcast, menguji kepraktisan media pembelajaran podcast, menghasilkan media pembelajaran podcast sebagai media yang efektif dalam pembelajaran materi pendidikan pancasila dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi nilai kehidupan kelas IV SD. penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman peserta didik pada materi Pancasila sebagai Nilai Kehidupan di kelas IV SD, validitas, kepraktisan, dan efektivitas produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan hasil dari proses pengembangan podcast sebagai media pembelajaran meningkatkan pemahaman materi Pancasila pada siswa kelas IV SD. Indeks validitas media dan materi media pembelajaran audio visual berbasis podcast masing-masing adalah 0,9 dan 0,88125 dengan predikat/kualifikasi sangat baik. Tingkat pencapaian respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual berbasis podcast adalah sebesar 98,73% dengan predikat/kualifikasi sangat baik. Media pembelajaran audio visual berbasis podcast untuk meningkatkan pemahaman materi pancasila siswa kelas IV SD yang dilihat dari nilai signifikasi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka 0,000, lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Media audio visual berbasis podcast, Meningkatkan Pemahaman siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I KADEK DWI MAHENDRA JAYA |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 01:17 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 01:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19479 |
Actions (login required)
View Item |