PENGEMBANGAN E-MODUL KONSEP DASAR IPS BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DAN BERMUATAN PEMBIASAAN TRI HITA KARANA TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS PADA MAHASISWA PRODI PGSD FIP UNDIKSHA

Wulandari, I Gusti Agung Ayu (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KONSEP DASAR IPS BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DAN BERMUATAN PEMBIASAAN TRI HITA KARANA TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS PADA MAHASISWA PRODI PGSD FIP UNDIKSHA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2139031006-COVER.pdf

Download (812kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2139031006-ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2139031006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2139031006-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) rancang bangun E-Modul Konsep Dasar IPS Berbasis Masalah dan Bermuatan THK; (2) kelayakan E-Modul Konsep Dasar IPS Berbasis Masalah dan Bermuatan THK; (3) kepraktisan E-Modul Konsep Dasar IPS Berbasis Masalah dan Bermuatan THK; (4) efektivitas E-Modul Konsep Dasar IPS Berbasis Masalah dan Bermuatan THK terhadap kecurangan akademik dan kompetensi pengetahuan IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan jenis pengembangan Borg and Gall. Intrumen pengumpulan data berbentuk kuisioner dan tes. Hasil kuisioner yang diperoleh dianalisis menggunakan formula Aiken untuk mengetahui kelayakan produk. Selanjutnya untuk uji efektivitas menggunakan sample sebesar 280 orang dengan menggunakan uji Manova. Hasil yang diperoleh yaitu; (1) Rancang bangun E-Modul yang dikembangkan terdiri dari: bagian pengantar (judul, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan modul dan tinjauan mata kuliah); bagian isi (video pembiasaan THK, video pemecahan masalah, uraian materi, lembar kerja mahasiswa); bagian penutup (rangkuman materi, kuis, daftar rujukan); (2) kelayakan produk dari segi validitas produk menggunakan rumus Aiken diperoleh hasil yaitu rerata sebesar 0,94 dengan kategori tinggi, dan dari hasil persentase kelayakan produk diperoleh rerata 97,09 dengan kategori sangat layak; (3) hasil uji kepraktisan diperoleh hasil rerata persentase sebesar 92,68 dengan kategori sangat praktis; (4) uji efektivitas menunjukan bahwa harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root sebesar 675,224 dan memiliki nilai signifikansi lebih kecil daripada 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara simultan kecurangan akademik dan kompetensi pengetahuan antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan E-Modul MK Konsep Dasar IPS Berbasis Pemecahan Masalah dan bermuatan THK dengan mahasiswa yang dibelajarkan dengan E-Modul MK Konsep Dasar IPS.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: E-Modul IPS, Berbasis Masalah, Tri Hita Karana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: I Gusti Agung Ayu Wulandari, S.Pd, M.Pd.
Date Deposited: 07 Mar 2024 09:13
Last Modified: 07 Mar 2024 09:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19504

Actions (login required)

View Item View Item