Waruwu, Pikiran (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X A DI SMA NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
COVER_PIKIRAN WARUWU.pdf Download (555kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X A di SMA Negeri Bali Mandara. Tujuan spesifik meliputi: (1) menilai penerapan model Cooperative Learning, (2) mengukur hasil belajar siswa setelah penerapan model tersebut, dan (3) mengevaluasi respons siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning. Metode penelitian melibatkan observasi, tes, kuesioner, dan wawancara, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning berhasil dilakukan dalam dua siklus, yang meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dari siklus pertama (65,52%) menjadi siklus kedua (100%). Respons siswa terhadap pembelajaran juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan persentase respons positif dan sangat positif meningkat dari siklus I ke siklus II. Temuan ini menegaskan bahwa model Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi dan mendapatkan respon positif dari siswa dalam konteks pembelajaran di SMA Negeri Bali Mandara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Cooperative Learning, Kemampuan Menulis Teks Negosiasi, Respons Siswa |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Pikiran Waruwu |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 01:01 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 01:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19527 |
Actions (login required)
View Item |