PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X A DI SMA NEGERI BALI MANDARA

Waruwu, Pikiran (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS X A DI SMA NEGERI BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER_PIKIRAN WARUWU.pdf

Download (555kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X A di SMA Negeri Bali Mandara. Tujuan spesifik meliputi: (1) menilai penerapan model Cooperative Learning, (2) mengukur hasil belajar siswa setelah penerapan model tersebut, dan (3) mengevaluasi respons siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning. Metode penelitian melibatkan observasi, tes, kuesioner, dan wawancara, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning berhasil dilakukan dalam dua siklus, yang meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dari siklus pertama (65,52%) menjadi siklus kedua (100%). Respons siswa terhadap pembelajaran juga mengalami peningkatan yang signifikan, dengan persentase respons positif dan sangat positif meningkat dari siklus I ke siklus II. Temuan ini menegaskan bahwa model Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi dan mendapatkan respon positif dari siswa dalam konteks pembelajaran di SMA Negeri Bali Mandara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Cooperative Learning, Kemampuan Menulis Teks Negosiasi, Respons Siswa
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Pikiran Waruwu
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:01
Last Modified: 22 Mar 2024 01:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19527

Actions (login required)

View Item View Item