Astiti PS, Kadek Maharani Kresna (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KERTAS BERKARAKTER KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA BALI PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061048-COVER.pdf Download (755kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061048-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061048-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Bahasa Bali merupakan salah satu ciri khas suatu daerah dan keragamaan dari bangsa Indonesia. Pemberian pembelajaran Bahasa Bali menjadi salah satu cara untuk mempertahankan kekhasan tersebut. Pemberian pengajaran dapat dibungkus dengan Media belajar yang mempunyai ketertarikan supaya bisa memberikan penumbuhan minat dalam pembelajaran anak. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai pedoman dalam pengembangan. Pada tahapan implementasi serta evaluasi peneliti hanya melaksanakan dalam skala yang kecil saja. Subjek yang dilibatkan yakni dua dosen ahli media, guru dan respon siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah validitas dan keefektifan media Pembelajaran Wayang Kertas Berkarakter Kartun. Pengumpulan data memanfaatkan metode kuesioner sesuai skala likert berbentuk lembar penilaian. Berdasarkan hasil analisis data, memperoleh skor keseluruhan skor validitas media Pembelajaran Wayang Kertas Berkarakter Kartun guna memberikan peninhkatan keahlian dalam bahasa Bali anak dikelompok B Tama Kanak-kanak dari ahli media yaitu 81,25% berada pada kualifikasi Sangat Valid, dari praktisi memperoleh skor sebesar 87,5% berada pada kualifikasi Sangat valid, dari respon siswa memperoleh skor sebesar 95% berada pada kualifikasi Sangat Praktis, dan memperoleh skor 81,33% pada keefektifan media berada pada kualifikasi Efektif. Media pembelajaran wayang kertas berkarakter kartun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Bali pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak diharapkan dapat bermanfaat bagi Anak-anak kelompok B, Guru, dan peneliti selanjutnya sebagai bahan pertimbangan penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media, Bahasa Bali, Wayang Kertas, kemampuan Bahasa Bali Anak. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Kadek Maharani Kresna Astiti Ps |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 00:03 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 00:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19572 |
Actions (login required)
View Item |