MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK-ANAK di SMP N 5 SINGARAJA KELAS IX A

Yasa, Komang Tri Buana (2024) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK-ANAK di SMP N 5 SINGARAJA KELAS IX A. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014041007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014041007-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (534kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2014041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014041007- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2014041007- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014041007-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter disiplin siswa kelas IX A SMP N 5 SINGARAJA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran PPKn dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan alternatif pemecahan masalahnya. Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP N 5 SINGARAJA tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi , wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis yang telah dilakukan dalam siklus I dan II mengenai karakter siswa, dalam siklus I didapatkan skor rata-rata siswa yakni 114,9 dengan kategori sedang. Melanjutkan siklus II,setelah diadakannya siklus II peningkatan karakter siswa mulai terlihat dan dengan diadakan Kembali siswa kelas IX A SMP negeri 5 Singaraja melalui wawancara dan dokumentasi dari siswa maka diperoleh rata-rata 134,9.Dengan dilakukanya perbaikan pada siklus II karakter disiplin siswa dikatakan berhasil dengan pencapaian kategori tinggi.Dapat disimpulkan dari penelitian terkait Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Pada Anak-anak di SMP N 5 Singaraja kelas IX A mengalami peningkatan baik dari karakter disiplin siswa maupun aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model pembelajaran, Probem Based Learning, karakter disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Komang Tri Buana Yasa
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:58
Last Modified: 01 Apr 2024 07:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19575

Actions (login required)

View Item View Item