SESELEH MUSTIKA PANGAJAH-AJAH PAWATEKAN RING PLALIAN NGAROT

Dewi, Luh Putu Juni Ari Setia (2024) SESELEH MUSTIKA PANGAJAH-AJAH PAWATEKAN RING PLALIAN NGAROT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012051001_COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012051001_ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012051001_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012051001_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012051001_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012051001_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012051001_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012051001_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012051001_LAMPIRAN.pdf

Download (766kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk menjelaskan serta menunjukkan temuan nilai pendidikan karakter yang ada pada permainan tradisional yakni permainan Ngarot. Permainan ngarot merupakan permainan tradisional garapan baru asal Buleleng, Bali. Dalam bahasa daerah khususnya daerah Buleleng Timur, ngarot memiliki artian jaring. Permainan Ngarot tersebut terinspirasi dari kisah keseharian para nelayan di Buleleng dalam mencari ikan menggunakan jaring. Permainan Ngarot ini menjadi garapan permainan tradisional (dolanan) duta Kabupaten Buleleng, yang dipentaskan dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2023. Penelitian ini juga ingin membuktikan bahwa pengajaran tentang pembentukan karakter anak tidak hanya bisa didapat dari pembelajaran formal saja, namun dapat diperoleh juga dari permainan tradisional. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah permainan Ngarot. Objek pada penelitian ini berfokus pada nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam permainan Ngarot. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini, dikumpulkan dengan metode dokumentasi serta wawancara. Instrumen yang digunakan untuk dapat mengumpulkan data penelitian ada dua. Instrumen yang pertama berupa kartu data untuk menunjang proses reduksi data dokumentasi dan instrumen yang kedua yakni draft lembar pertanyaan untuk menunjang pelaksanaan metode wawancara. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, dimulai dari (1) reduksi data, (2) klasifikasi data dan (3) deskripsi data. Dalam penelitian ini, menggunakan tiga landasan teori sebagai dasar kerangka berpikir, diantaranya teori tentang kasusastraan Bali, teori mengenai makna, serta teori tentang nilai-nilai pendidikan karakter. Ditemukan 9 nilai pendidikan karakter yang ada dalam permainan Ngarot. Kesembilan nilai pendidikan karakter dalam permainan Ngarot tersebut diantaranya, nilai kejujuran, nilai demokrasi, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai persahabatan, nilai cinta damai, nilai kepedulian sosial, dan nilai tanggung jawab. Berdasarkan temuan nilai-nilai Pendidikan karakter yang terkandung dalam permainan Ngarot, dapat memberikan pengajaran tentang tata susila yang dapat mendidik dan membentuk karakter anak-anak sejak dini dalam bertingkah laku di kehidupan bermasyarakat. Sehingga dapat mendidik para generasi muda menjadi insan yang berkarakter. Kata kunci: kebudayaan, permainan tradisional, nilai nendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Permainan tradisional, Nilai Pendidikan Karakter
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1)
Depositing User: Luh Putu Juni Ari Setia Dewi
Date Deposited: 16 Apr 2024 00:57
Last Modified: 16 Apr 2024 00:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19587

Actions (login required)

View Item View Item