PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BERORIENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI (MAGIC BOOK) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD

Wati, Ni Putu Wina Pradnya (2024) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN BERORIENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI (MAGIC BOOK) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031171-COVER.pdf

Download (641kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031171-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031171-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031171-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031171-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031171-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031171-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031171-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031171-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengembangkan prototype buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) siswa kelas II SD, (2) mengembangkan buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) siswa kelas II SD yang telah teruji validitas, (3) mengembangkan buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) yang telah mendapatkan respon guru pada keterampilan membaca siswa kelas II SD, (4) mengembangkan buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) yang telah mendapatkan respon siswa pada keterampilan membaca siswa kelas II SD. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book), sedangkan objek dalam penelitian pengembangan ini adalah validitas buku bacaan, dan respon pengguna. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angkat/kuisioner, dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar rating scale, lembar angket/kuisioner, dan lembar studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,95 menurut validator isi media dan validator isi materi dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, (2) tingkat pencapaian respon guru terhadap buku bacan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) adalah sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik, (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) adalah sebesar 97,76% dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Buku Bacaan, Diferensiasi, Keterampilan Membaca.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Wina Pradnya Wati
Date Deposited: 16 Apr 2024 23:54
Last Modified: 16 Apr 2024 23:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19592

Actions (login required)

View Item View Item