Jayantini, Ni Putu Novira (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN KELAS IV SD NEGERI 1 ASTINA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031014-COVER.pdf Download (802kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031014-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (418kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031014-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila, (2) mendeskripsikan validitas pengembangan bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila, (3) mendeskripsikan respon guru terhadap kepraktisan pengembangan bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila, (4) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kepraktisan pengembangan bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan kelas IV A SD Negeri 1 Astina. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data penelitian menggunakan angket/kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini mengambil subjek : 2 ahli media, 2 ahli isi, 2 ahli desain, 2 guru atau praktisi dan 12 peserta didik, sedangkan objek penelitian adalah validitas dan kepraktisan dari bahan ajar e-modul interaktif muatan Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) uji validitas oleh ahli isi/materi mata pelajaran memperoleh hasil persentase 96,69% dengan kualifikasi validitas sangat baik, (2) uji validitas oleh ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 91,66% dengan kualifikasi validitas sangat baik, (3) uji validitas oleh ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 95,13% dengan kualifikasi sangat baik, (4) uji kepraktisan oleh guru memperoleh hasil persentase 94,88% dengan kualifikasi sangat baik, (5) uji kepraktisan oleh perorangan memperoleh hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, (6) uji kepraktisan oleh kelompok kecil memperoleh hasil persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila pada materi Pancasila layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran khususnya sebagai nilai kehidupan kelas IV A SD Negeri 1 Astina.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, E-Modul Interaktif, Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Novira Jayantini |
Date Deposited: | 16 Apr 2024 23:58 |
Last Modified: | 16 Apr 2024 23:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19595 |
Actions (login required)
View Item |