PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN KELAS IV SD NEGERI 1 ASTINA

Jayantini, Ni Putu Novira (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI PANCASILA SEBAGAI NILAI KEHIDUPAN KELAS IV SD NEGERI 1 ASTINA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031014-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031014-ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031014-LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila, (2) mendeskripsikan validitas pengembangan bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila, (3) mendeskripsikan respon guru terhadap kepraktisan pengembangan bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila, (4) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kepraktisan pengembangan bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila pada materi Pancasila sebagai nilai kehidupan kelas IV A SD Negeri 1 Astina. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data penelitian menggunakan angket/kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini mengambil subjek : 2 ahli media, 2 ahli isi, 2 ahli desain, 2 guru atau praktisi dan 12 peserta didik, sedangkan objek penelitian adalah validitas dan kepraktisan dari bahan ajar e-modul interaktif muatan Pendidikan Pancasila. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) uji validitas oleh ahli isi/materi mata pelajaran memperoleh hasil persentase 96,69% dengan kualifikasi validitas sangat baik, (2) uji validitas oleh ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 91,66% dengan kualifikasi validitas sangat baik, (3) uji validitas oleh ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 95,13% dengan kualifikasi sangat baik, (4) uji kepraktisan oleh guru memperoleh hasil persentase 94,88% dengan kualifikasi sangat baik, (5) uji kepraktisan oleh perorangan memperoleh hasil persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, (6) uji kepraktisan oleh kelompok kecil memperoleh hasil persentase 95% dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul interaktif muatan pendidikan Pancasila pada materi Pancasila layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran khususnya sebagai nilai kehidupan kelas IV A SD Negeri 1 Astina.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, E-Modul Interaktif, Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Novira Jayantini
Date Deposited: 16 Apr 2024 23:58
Last Modified: 16 Apr 2024 23:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19595

Actions (login required)

View Item View Item