PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 7 PEDUNGAN

Saputra, I Komang Triana (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 7 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031207-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031207-ABSTRAK.pdf

Download (638kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031207-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (622kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031207-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031207-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031207-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031207-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031207-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031207-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas E-Modul Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas VI di SD Negeri 7 Pedungan. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Dick and Carey, dengan pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda, kuesioner, dan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan produk sesuai dengan tahapan pengembangan Dick and Carey, (2) validitas produk dinilai tinggi dengan skor 93,33% (Sangat Baik) dari uji ahli bahasa, 91,66% (Sangat Baik) dari uji ahli media pembelajaran, 96,66% (Sangat Baik) dari uji ahli desain instruksional, 97,22% (Sangat Baik) dari uji coba perorangan, dan 91,11% (Sangat Baik) dari uji coba kelompok kecil. (3) Hasil analisis efektivitas menggunakan uji-t menunjukkan hasil thitung = 9,995 untuk df = 29 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 2,045. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, nilai post-test siswa lebih besar dari KKTP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Profil Pelajar Pancasila efektif diterapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI di SD Negeri 7 Pedungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Pancasila.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I KOMANG TRIANA SAPUTRA
Date Deposited: 15 May 2024 00:35
Last Modified: 15 May 2024 00:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19698

Actions (login required)

View Item View Item