Saputra, I Komang Triana (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 7 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031207-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031207-ABSTRAK.pdf Download (638kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031207-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (622kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031207-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031207-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031207-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031207-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031207-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (575kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031207-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, dan efektivitas E-Modul Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas VI di SD Negeri 7 Pedungan. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Dick and Carey, dengan pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda, kuesioner, dan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan produk sesuai dengan tahapan pengembangan Dick and Carey, (2) validitas produk dinilai tinggi dengan skor 93,33% (Sangat Baik) dari uji ahli bahasa, 91,66% (Sangat Baik) dari uji ahli media pembelajaran, 96,66% (Sangat Baik) dari uji ahli desain instruksional, 97,22% (Sangat Baik) dari uji coba perorangan, dan 91,11% (Sangat Baik) dari uji coba kelompok kecil. (3) Hasil analisis efektivitas menggunakan uji-t menunjukkan hasil thitung = 9,995 untuk df = 29 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 2,045. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, nilai post-test siswa lebih besar dari KKTP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Profil Pelajar Pancasila efektif diterapkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI di SD Negeri 7 Pedungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Pancasila. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I KOMANG TRIANA SAPUTRA |
Date Deposited: | 15 May 2024 00:35 |
Last Modified: | 15 May 2024 00:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19698 |
Actions (login required)
View Item |