Devi, Komang Apriliana (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MIPA SMAN 1 BANJAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021013-COVER.pdf Download (369kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021013-ABSTRAK.pdf Download (79kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1913021013-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021013-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tanggapan ahli isi, ahli media, dan ahli desain terhadap produk pengembangan media pembelajaran berbasis Collaborative Learning berbantuan GeoGebra yang akan dikembangkan; (2) mendeskripsikan tanggapan siswa dalam uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil terhadap pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Collaborative Learning berbantuan GeoGebra; (3) Mendeskripsikan tanggapan guru terhadap media pembelajaran fisika berbasis Collaborative Learning berbantuan GeoGebra yang akan dikembangkan; dan (4) Mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran fisika berbasis Collaborative Learning berbantuan GeoGebra dalam uji lapangan. Model desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapan yakni tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Desain uji lapangan menggunakan one group pre-test post-test design tanpa kelompok kontrol dengan melibatkan 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode angket, dan metode tes. Data dianalisis sengan analisis deskriptif dan uji-t sampel berpasangan. Hasil yang dicapai antara lain: (1) Media pembelajaran yang layak dan valid (2) Efektivitas produk ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel berpasangan pada pre-test dan post-test saat uji coba lapangan mendapatkan nilai t_hitung>t_tabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan sebesar 29.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Learning, kemampuan berpikir kreatif, media pembelajaran, pengembangan |
Subjects: | Q Science > QC Physics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Komang Apriliana Devi |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:30 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19719 |
Actions (login required)
View Item |