PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DWI BAHASA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN IPAS POKOK BAHASAN CAHAYA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 KINTAMANI

Putra, I Ketut Suma Adi (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DWI BAHASA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN IPAS POKOK BAHASAN CAHAYA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 KINTAMANI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031145-COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031145-ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031145-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031145-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031145-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031145-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031145-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031145-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031145-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media video pembelajaran dwi bahasa, (2) menganalisis validitas dan respon guru terhadap media video pembelajaran dwi bahasa, (3) menganalisis efektivitas media video pembelajaran dwi bahasa terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek media video pembelajaran dwi bahasa, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respon guru, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu dengan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar angket/kuisioner. Analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu analisis data deskritif kualitatif dan deskritif kuntitatif. Untuk validitas isi media dan meteri dianalisis menggunakan rumus Aiken, Respon guru dianalisis menggunakan rumus persentase dan untuk efektifitas menggunakan Uji T berkorelasi dengan berbantuan aplikasi SPSS dengan dasar pengambilan keputusan yaitu apabila nilai sig. (2- tailed) < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada variabelantara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan, apabila nilai sig. (2- tailed) < 0,05 menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan pada variabelantara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan, Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media video pembelajaran dwi bahasa yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,95 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, (2) materi pada media video pembelajaran dwi bahasa yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,95 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, tingkat pencapaian respon guru terhadap media video pembelajaran dwi bahasa 95% dengan kualifikasi sangat baik, dan (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media video pembelajaran dwi bahasa efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Media Video Pembelajaran Dwi Bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Ketut Suma Adi Putra
Date Deposited: 29 May 2024 01:51
Last Modified: 29 May 2024 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19791

Actions (login required)

View Item View Item