PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI CAHAYA KELAS V SD

Dwi Septia Pradnyani, Ni Made (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI CAHAYA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031197_COVER.pdf

Download (662kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031197_ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031197_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031197_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031197_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031197_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031197_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031197_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031197_LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 pada materi cahaya kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan evaluasi. Subjek pengembangan ini yaitu media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 pada materi cahaya kelas V sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kusioner dan metode tes. Hasil penelitian pengembangan media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas isi materi 0,95, ahli desain 0,91, dan ahli media pembelajaran 0,93; uji kepraktisan melalui respon siswa melalui uji coba perorangan sebesar 95,13 % dan respon siswa melalui uji coba kelompok kecil sebesar 92,85 %; serta uji efektivitas dengan uji-t berkolerasi memperoleh hasil t hitung 12,93 lebih besar dari nilai t tabel untuk dk = 34 pada taraf signifikan 5 % 2.109 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data pretest dan posttest memperoleh nilai N-gain sore yaitu 75% termasuk pada kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 sangat valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada muatan IPA materi cahaya untuk siswa kelas V sekolah dasar dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media powertpoint, discovery learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Dwi Septia Pradnyani
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:35
Last Modified: 04 Jun 2024 07:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19864

Actions (login required)

View Item View Item