Dwi Septia Pradnyani, Ni Made (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI CAHAYA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031197_COVER.pdf Download (662kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031197_ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031197_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031197_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031197_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031197_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031197_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031197_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031197_LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 pada materi cahaya kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan evaluasi. Subjek pengembangan ini yaitu media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 pada materi cahaya kelas V sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kusioner dan metode tes. Hasil penelitian pengembangan media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas isi materi 0,95, ahli desain 0,91, dan ahli media pembelajaran 0,93; uji kepraktisan melalui respon siswa melalui uji coba perorangan sebesar 95,13 % dan respon siswa melalui uji coba kelompok kecil sebesar 92,85 %; serta uji efektivitas dengan uji-t berkolerasi memperoleh hasil t hitung 12,93 lebih besar dari nilai t tabel untuk dk = 34 pada taraf signifikan 5 % 2.109 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data pretest dan posttest memperoleh nilai N-gain sore yaitu 75% termasuk pada kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 sangat valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada muatan IPA materi cahaya untuk siswa kelas V sekolah dasar dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media powertpoint, discovery learning, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dwi Septia Pradnyani |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 07:35 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19864 |
Actions (login required)
View Item |