Putri, Putu Mutiara Vista Diliya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031187-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031187-ABSTRAK.pdf Download (643kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031187-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (600kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031187-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031187-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031187-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031187-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031187-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (590kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031187-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan media komik strip mata pelajaran IPA siswa sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar. Dalam proses pengembangannya, penelitian ini menggunakan model ADDIE. Dimana, dalam model ADDIE ini terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan ini adalah media komik strip mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar, sementara objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media komik yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode penilaian skala/ rating scale, kuesioner, dan metode tes. Hasil penelitian pengembangan media komik strip mata pelajaran IPA yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan uji validitas ahli materi 0,90, ahli desain pembelajaran 0,88, dan ahli media 0,89; uji kepraktisan dari respon siswa melalui uji coba perorangan dengan hasil 96,21% dan uji kelompok kecil dengan hasil 96,21%; serta uji efektivitas dengan uji-t berkorelasi memperoleh hasil t hitung 14,40 lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikansi 5% 1,70 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji N-gain score data pretest dan posttest memperoleh nilai N-gain score yaitu 66% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik strip mata pelajaran IPA sangat valid, praktis, dan efektif diterapkan untuk anak kelas V sekolah dasar dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: media komik strip, mata pelajaran IPA, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU MUTIARA VISTA DILIYA PUTRI |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 01:41 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 01:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19888 |
Actions (login required)
View Item |