Putri, Anak Agung Istri Sasmita (2024) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IX YOS SUDARSO TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031237-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031237-ABSTRAK.pdf Download (669kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031237-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (603kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEOR)
2011031237-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031237-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031237-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031237-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031237-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031237-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching learning (CTL) berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan Pendidikan pancasila kelas V SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso sebanyak 277 siswa yang terdiri dari 11 kelas dari 5 sekolah. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol dengan undian. Oleh karena itu, didapatkan kelas VA di SD No 6 sanur adalah kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 22 orang dan pada kelas VA di SD No. 12 Sanur adalah kelas kontrol yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila menggunakan tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data yaitu thitung = 4,119 > ttabel = 2,006 pada taraf signifikansi 5% dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 44, jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan contextual teaching learning (CTL) dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan pendekatan contextual teaching learning (CTL). Dapat disimpulkan bahwa pendekatan contextual teaching learning (CTL) berbantuan media PowerPoint berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso Tahun Ajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Contextual Teaching And Learning, Powerpoint, Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | ANAK AGUNG ISTRI SASMITA PUTRI |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 09:02 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 09:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19957 |
Actions (login required)
View Item |