Pratiwi, Kadek Feby Nadia (2024) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS SRIKANDI DENPASAR TIMUR TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031255-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031255-ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031255-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (394kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031255-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031255-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031255-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031255-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031255-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031255-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching learning berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur sebanyak 180 siswa yang terdiri dari 6 kelas dari 6 sekolah. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Oleh karena itu, didapatkan kelas IV di SD Negeri 3 Kesiman adalah kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 34 orang dan pada kelas IV di SD Negeri 5 Sumerta adalah kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila kemudian dianalisis dengan uji-t independent. Hasil analisis data yaitu thitung 8.499 > 2.00, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan contextual teaching learning berbantuan media mind mapping dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan pendekatan contextual teaching learning berbantuan media mind mapping. Jika dilihat dari nilai rata-rata post-test kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila kelompok eksperimen adalah 82,950 lebih dari kelompok kontrol adalah 62,795. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan contextual teaching learning berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SD Negeri Gugus Srikandi Denpasar Timur tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: contextual teaching learning, kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila, mind mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK FEBY NADIA PRATIWI |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 23:42 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 23:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19984 |
Actions (login required)
View Item |